Translate

Sabtu, 11 September 2021

MEGAROSITA VALUE CHAIN ANALYSIS

 

NAMA                : ADINDA FEBIYANTI

KELAS               : AKUNTANSI 2020A

NIM                    : 20080694017

UNIVERSITAS  : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

MEGAROSITA VALUE CHAIN ANALYSIS

THE SNACK SHOP OF MADURA

What is Megarosita?

Megarosita adalah salah satu toko yang menjual beragam camilan, khususnya camilan dari Madura. Toko ini berlokasi di Desa Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep. Lebih tepatnya di Jl. Dr. Wahidin No. 113/32 Pajagalan, Sumenep. Toko Megarosita sendiri telah berdiri sejak 30 Desember 2009. Toko Megarosita ini identik dengan produk jualan nya yang berupa camilan Madura, namun toko Megarosita juga menjual produk camilan modern, yakni berupa camilan yang diproduksi oleh industri pabrik.

Toko Megarosita sangat memprioritaskan kualitas produk yang dijualnya serta kebersihan dari toko itu sendiri. Tidak seperti kebanyakan toko camilan pada umumnya yang hanya mementingkan cuan nya saja, toko Megarosita ini juga sangat memerhatikan kenyamanan pembeli saat berkunjung dan membeli salah satu produk yang ada di toko tersebut. Bukan hanya itu, dengan kehadiran toko camilan Megarosita juga dapat membantu pertumbuhan usaha UMKM dan industri rumahan yang ada disekitar Kota Sumenep.

Harga produk camilan di toko Megarosita sangatlah beragam dan juga ramah di kantong. Mengapa demikian? Sebab fokus utama sasaran konsumen dari toko Megarosita bukan hanya dari kalangan menengah ke atas, namun juga dari menengah ke bawah. Dan hal inilah yang menjadikan toko Megarosita menjadi salah satu toko camilan yang begitu populer di kalangan masyarakat Sumenep dan sekitarnya.

What is the value chain model?

Michael E Porter dari Harvard Business School memperkenalkan value chain model (model rantai nilai). Model ini mencakup semua aktivitas yang memberi nilai tambah pada produk akhir mulai dari pengadaan hingga produksi, pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan. Optimalisasi rantai nilai dapat membantu perusahaan mencapai hasil yang unggul seperti efisiensi operasional yang lebih tinggi dan meminimalkan pemborosan. Ini juga dapat membantu perusahaan membangun keunggulan kompetitif baru.

Ada dua jenis yang termasuk dalam model rantai nilai, yakni primary activities (kegiatan utama) dan support activities (kegiatan pendukung). Kegiatan utama berkaitan langsung dengan penciptaan produk atau layanan sedangkan kegiatan pendukung terkait dengan kegiatan kegiatan utama dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses utama. Memahami model rantai nilai dari toko Megarosita dapat membantu kita untuk mempelajari bagaimana sebuah toko camilan dengan sistem waralaba dapat menghadirkan efektivitas operasional dan tetap mempertahankan hubungan baik dengan para supplier dan konsumen nya.

VALUE CHAIN OF MEGAROSITA : PRIMARY ACTIVITIES

Inbound Logistics:

Inbound logistic mengacu pada arus masuk barang ke dalam bisnis dan termasuk transportasi serta penyimpanan. Inbound logistic adalah area penting dalam value chain, sebab inbound logistic dapat membantu suatu bisnis untuk menumbuhkan efisiensi operasional nya. Inbound logistic untuk toko Megarosita didapat dengan dua cara. Cara yang pertama yakni dengan kulakan beberapa camilan modern dari toko/industri camilan yang ada di Surabaya. Dan cara kedua adalah berasal dari industri rumahan dan UMKM di sekitar kota Sumenep yang menitipkan barang produksi nya di toko camilan Megarosita. Dan untuk mengurangi biaya transportasi, biasanya para produsen dari indutri rumahan ataupun UMKM mengirimkan produk mereka secara langsung ke toko Megarosita tanpa adanya perantara kurir.

Operation:

Toko camilan Megarosita mengoperasikan sistem waralaba yang telah membantu beberapa merek dari industri kecil berkembang lebih cepat secara regional. Untuk jam operasional nya sendiri, toko Megarosita buka setiap hari dari jam 8 pagi dan tutup pada jam 5 sore. Setelah itu toko camilan ini buka lagi di malam hari pada jam 7-9 malam.

Karyawan di toko Megarosita bertugas untuk memastikan toko selalu dalam keadaan bersih dan juga bertugas untuk memastikan bahwa produk camilan dalam keadaan yang steril dan terbebas dari debu-debu. Karyawan di toko ini juga bertugas untuk mengisi ulang toples-toples ataupun etalase produk camilan, sehingga stok camilan akan selalu tersedia. Sedangkan yang bertugas untuk menjaga kasir adalah pemilik toko Megarosita sendiri. Dalam artian, tidak ada campur tangan dari karyawan dalam urusan keuangan.

Dikarenakan toko Megarosita sangat memerhatikan kenyamanan pelanggannya, desain dan peletakan rak-rak produk di toko nya pun disusun sedemikian rupa untuk memudahkan pelanggan mencari produk yang ingin dibelinya.

Pada sisi kiri dari dalam toko terdapat 3 rak yang berbentuk memanjang yang dimana setiap satu rak terdapat 7 slot serta juga terdapat 1 rak yang melintang dengan tujuan agar pembeli dapat leluasa melihat-lihat produk yang ada di setiap rak serta pembeli dapat dengan mudah mengambil sendiri produk yang ingin dibeli. Dengan kata lain, peletakan rak-rak dalam toko Megarosita di desain sedemikian rupa layaknya rak-rak dalam minimarket ataupun supermarket. Selain itu demi kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam berbelanja, toko camilan ini menyediakan keranjang belanja yang akan memudahkan pelanggan untuk memasukkan produk yang diinginkan.

Gambar 1. Tampak depan dari sebelah kiri toko
 
Gambar 2. Tampak dalam dari sebelah kiri toko

Pada bagian kiri dari dalam toko merupakan rak produk camilan yang terdiri dari berbagai varian keripik singkong, seperti keripik singkong balado, keripik singkong gurih, keripik singkong rasa jeruk purut, serta keripik singkong dengan rasa original. Dan dibagian rak bawah terdapat keripik tette mentah.

Gambar 3. tampak rak bagian keripik

Di samping kiri dari rak kripik, terdapat produk camilan berupa berbagai macam jagung dan kacang karpes Lalu, di depan rak jagung terdapat rak produk camilan yang terdiri dari kerupuk amplang dan maco.

Gambar 4. Tampak rak bagian jagung dan maco serta beberapa produk unggulan

Tepat di belakang rak kerupuk amplang dan maco, terdapat produk camilan berupa mente, lorjuk, kacang lorjuk, teri krispi, paru, kripik pisang, kripik sukun, kripik talas, dan kripik tette rasa. Rak ini khusus diletakkan di depan kasir karena produk yang ada dibagian rak ini adalah produk dengan harga yang mahal. Jadi untuk mengurangi resiko pencurian, produk-produk yang berharga mahal diletakkan didepan kasir agar kasir dapat memantau dengan jelas.

Sedangkan untuk kasir sendiri berada di bagian tengah. Letak kasir yang berada ditengah berfungsi agar orang dibagian kasir bisa memantau dengan jelas bagian sisi kiri, kanan, dan depan secara menyeluruh. Mengapa seperti itu? Karena di toko Megarosita masih belum dilengkapi dengan CCTV, jadi perlu adanya pengawasan ekstra dari sang pemilik yang ada di bagian kasir.

Gambar 5. Tampak bagian kasir

Lalu di depan rak untuk produk-produk yang mahal tadi, terdapat rak untuk produk camilan seperti sagon, sadru serta beberapa barang titipan dari industri rumahan. Dan pada bagian rak bawah nya terdapat aneka produk petis yang terdiri dari petis ikan tongkol dan petis pancetan. Rentang harga produk petis ini dimulai dari 7,5k – 60k. Di bagian belakang rak petis, terdapat berbagai macam produk kue kering yang biasanya banyak diburu pada saat hari lebaran. Dan produk kue kering ini rata-rata adalah barang titipan dari industri rumahan.

Gambar 6. Tampak rak yang berisi barang titipan dan aneka jenis petis

Gambar 7. Tampak lorong yang langsung menuju kasir
*rak bagian kanan adalah deretan produk unggulan dengan harga mahal

Di samping kiri kasir terdapat rak dari produk rengginang mentah dan beberapa jenis kerupuk mentah. Sedangkan di bagian kanan kasir terdapat rak produk dari segala macam kerupuk mentah, seperti kerupuk pattola dan kerupuk biasa.

Gambar 8. Tampak rak bagian rengginang dan kerupuk mentah

Kemudian di bagian kanan dari dalam toko adalah rak-rak yang diisi dengan camilan modern yang dibeli dari Surabaya yang diletakkan dalam toples-toples besar dan dijual per gram nya. Di bagian kanan toko juga terdapat satu etalase besar yang berguna sebagai display dari produk camilan, serta beberapa fasilitas penunjang dari toko camilan seperti timbangan digital, berbagai jenis ukuran plastik dan steples.

Gambar 9. Tampak etalase produk camilan dari dalam toko

Gambar 10. Tampak berbagai aneka camilan di dalam toples

Gambar 11. Tampak camilan dalam toples


Dari penataan letak rak-rak produk dan kasir dari toko Megarosita dapat diketahui bahwa penataan nya tidak dilakukan secara sembarangan. Melainkan memang di desain sedemikian rupa untuk memudahkan pelanggan dalam menemukan barang yang mereka incar berdasarkan letak dari rak-rak tersebut. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah tersendiri dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Sehingga pelanggan merasa nyaman saat berbelanja di toko Megarosita.

Outbond Logistic:

Toko Megarosita tidak mengurus dalam hal mengangkut produk dari supplier  ke toko. Melainkan supplier sendiri lah yang mengirimkan barangnya ke toko. Khusus untuk produk yang di beli dari Surabaya, diangkut menggunakan truk ataupun mobil box tertutup. Meskipun demikian, toko Megarosita tidak berkewajiban membayar ongkir kepada pihak jasa antar nya sebab jasa pengiriman telah ditanggung oleh pihak supplier. Namun terkadang, toko Megarosita memberikan upah seikhlasnya yang berupa  free soft drink. Lalu untuk supplier dari dalam kota Sumenep, biasanya para supplier tersebut mengirim produk nya langsung ke toko, namun ada beberapa produk yang diambil langsung oleh pemilik toko ke tempat industri, biasanya produknya berupa produk mentah seperti kerupuk dan rengginang mentah.

Untuk sistem operasi penjualan nya, toko Megarosita tidak menyediakan jasa antar barang. Hal ini dikarenakan dari toko Megarosita tidak memiliki karyawan pria serta tidak ada transportasi untuk pelayanan jasa antar barang tersebut. Jadi, pembeli harus datang sendiri ke toko Megarosita dan memilih produk-produk nya sendiri dengan leluasa. Namun toko Megarosita menerima jasa pesan melalui telepon. Akan tetapi jasa tersebut dikhususkan untuk pesanan dari kantor ikatan dinas, seperti rumah sakit, kepolisian, tentara, serta bank. Biasanya salah satu staff dari kantor ikatan dinas tersebut akan memesan camilan via telepon kepada sang pemilik. Lalu bagian karyawan toko akan membungkus camilan yang dipesan sesuai jumlah yang diminta, namun mengenai jenis camilan nya terserah pada sang pemilik toko. Dan biasanya mereka memesan dalam jumlah besar hingga berkardus-kardus.

Marketing & Sales:

Toko Megarosita tidak memiliki strategi marketing dan penjualan yang khusus. Toko camilan ini hanya mengandalkan kartu nama toko untuk promosi nya. Jadi, semisal ada pelancong yang datang ke Kota Sumenep dan berkunjung ke toko Megarosita, sang pemilik, H. Abd. Rasyid akan memberikan kartu nama toko kepada pelancong. Sehingga diharapkan pelancong tersebut akan datang lagi ke toko Megarosita atau bahkan bisa memberikan kartu nama tersebut ke kerabat nya. Bukan hanya itu, untuk mendukung promosinya toko Megarosita juga memasang banner yang didalamnya terdapat informasi berupa nama toko beserta alamatnya.

Lalu, untuk memudahkan para pelanggan menemukan toko Megarosita, toko ini juga telah terdaftar dalam google maps. Sehingga bagi para calon pelanggan yang berasal dari dalam maupun luar Kota Sumenep tidak akan kesulitan untuk menemukan toko Megarosita.

Toko Megarosita terletak di lokasi yang sangat strategis. Toko ini berada di pusat Kota Sumenep dan di sekitar toko terdapat beberapa destinasi wisata seperti alun-alun kota dan keraton Kota Sumenep. Tentunya lokasi yang strategis ini sangat membantu toko Megarosita untuk semakin mengembangkan tokonya dan juga dapat membantu meningkatkan penjualan produk.

Dan salah satu bentuk promosi dari toko Megarosita yang lainnya adalah apabila pelanggan merasa kurang yakin atas produk yang akan dibelinya, mereka bisa mencicipi terlebih dahulu. Namun hal ini tidak berlaku untuk semua produk. Hanya produk yang diletakkan di toples-toples besar saja yang bisa dicicipi oleh pelanggan.

Service:

Toko Megarosita menjual berbagai macam produk camilan. Yang tentunya produk makanan tersebut memiliki tanggal kadaluwarsa. Maka dari itu untuk camilan yang dibeli secara kontan atau yang telah dibeli secara kulakan tidak bisa ditukar ketika dalam produk tersebut terdapat kerusakan ataupun telah mencapai tanggal kadaluwarsa nya. Sedangkan untuk barang-barang yang sistem nya titipan bisa dikembalikan kepada produsen nya.

Hal mengenai kebersihan sangatlah diutamakan. Para karyawan bertugas membersihkan toko setiap hari dan memastikan bahwa toko selalu dalam keadaan bersih. Dan untuk stok camilan juga selalu diisi setiap hari. Serta bungkus makanan yang digunakan untuk membungkus camilan kiloan dipilih dengan cermat, hanya bungkus makanan dengan kualitas yang bagus yang digunakan di toko ini.

VALUE CHAIN OF MEGAROSITA : SUPPORT ACTIVITIES

Firm Infrastructure:

Pemilik dari toko camilan Megarosita adalah H. Abd. Rasyid. Beliau dibantu oleh sang istri yakni Latifatul Akhfa sebagai bendahara dan yang mengurus segala permasalahan keuangan di toko Megarosita. Lalu apabila sang pemilik berhalangan untuk mengawasi toko, biasanya akan digantikan oleh asisten nya yaitu Sabrina Amaliya.L. Toko Megarosita ini bisa dibilang sebagai bisnis keluarga, sebab semua bagian penting dalam toko dipegang langsung oleh anggota keluarga.

Technology Development:

Toko Megarosita belum menerapkan perubahan berupa digitalisasi dalam operasional tokonya. Kebanyakan masih dilakukan secara manual. Namun, toko ini juga memiliki beberapa barang elektronik yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan. Seperti contohnya komputer yang digunakan oleh sang pemilik untuk melakukan cek harga produk, lalu ada mesin EDC (Electronic Data Capture) yang digunakan untuk melayani pelanggan yang hendak membayar produk camilan menggunakan kartu debit. Dengan adanya dua hal tersebut akan membantu perkembangan toko dalam melayani pelanggan secara optimal sehingga pelanggan merasa senang dan memungkinkan pelanggan untuk kembali lagi berbelanja camilan di toko Megarosita.

Human Resources:

Toko Megarosita memiliki total 2 karyawan. Dan semua karyawan nya tersebut berjenis kelamin wanita. Menganai jam kerja karyawan, toko Megarosita tidak memberlakukan kerja lembur. Jam kerja nya sesuai dengan jam buka toko. Namun terkadang ada karyawan yang hanya bekerja setengah hari. Untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasaan karyawannya, toko Megarosita memberikan 3 hari libur di hari lebaran. Bukan hanya itu saja, toko camilan ini juga memberikan bonus di hari lebaran ataupun hari libur. Bonus nya berupa uang beserta paket sembako ataupun sepaket camilan. Hal ini dilakukan oleh sang pemilik dikarenakan pada saat lebaran ataupun hari libur banyak sekali pelanggan yang berkunjung dan berbelanja di toko. Sehingga para karyawan akan bekerja seharian penuh dan bekerja lebih keras. Maka dari itu, untuk menghargai kerja karyawannya, sang pemilik memberikan bonus lebih kepada mereka.

Lalu untuk perekrutan karyawan toko, biasanya sang pemilik memasang poster di depan toko serta menyebarnya di beberapa sosial media seperti Facebook dan WhatsApp. Dan kadangkala yang diutamakan untuk bisa bekerja di toko camilan ini adalah wanita yang tidak punya anak dan belum menikah. Sebab pihak toko tidak ingin karyawan nya kerepotan dalam mengurus anak dan dikhawatirkan tidak mendapat izin dari suami. Lalu usia minimal yang bisa bekerja di toko Megarosita adalah 17 tahun.

Procurement:

Toko Megarosita memiliki kurang lebih 79 supplier produk camilan yang tersebar di daerah Kota Sumenep dan Surabaya. Lalu untuk menjaga hubungan dengan para supplier tersebut, biasanya antara pemilik toko dan supplier saling bertamu ketika lebaran serta saling memberikan bingkisan. Dan tak jarang para supplier tersebut turut mengundang sang pemilik toko apabila supplier memiliki sebuah acara. Tentunya hal ini sangat baik untuk menjalin hubungan antara pemilik dan supplier. Terlebih lagi hubungan ini bersifat jangka panjang.


SUMBER REFERENSI:

IKEA Value Chain Analysis, https://notesmatic.com/ikea-value-chain-analysis/ (diakses tanggal 11 September 2021)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IT'S ABOUT DATA MINING, TEXT MINING, AND WEB MINING

  NAMA             : ADINDA FEBIYANTI KELAS            : AKUNTANSI 2020A NIM                 : 017 APA SIH DATA MINING , TEKS MINING, ...